08:00 - 21:00 WIB (0761) 8411557 0812 7003 1448 promediacomputer.id@gmail.com 0852 8888 5223
(pcs)

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Mati Sendiri

Friday, May 1st 2020.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Mati Sendiri

Laptop merupakan salah satu teknologi yang sangat umum digunakan. Tentunya karena teknologi ini mempunyai banyak kegunaan dan diberbagai bidang. Seperti halnya dengan manusia, komputer juga mengalami masalah. Kadang kala laptop juga masalah seperti mati sendiri.

Terkadang kebingungan bagaimana mencari penyelesaiannya. Jika kamu mengalami hal ini. Maka artikel ini sangatlah berguna. Melalui artikel ini, Promedia Computer akan menjelaskan beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop yang mati sendiri. Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi laptop yang mati sendiri.

  1. Terlalu panas

Masalah utama jika laptop mati sendri adalah overheating atau terlalu panas. Hal ini disebabkan  karena penggunaan laptop yang berlebihan. Selain itu, suhu juga dapat mempengaruhi. Laptop yang diletakkan diatas benda yang dapat menyerap panas dapat menyebabkan overheating. Penyebab lainnya bisa dikarenakan pendinginan perangkat keras dan debu yang bisa menempel pada prosesor. Untuk penyebab ini terjadi biasanya pada laptop yang sudah lama tidak digunakan. Adapun cara mengatasinya adalah dengan menggunakan pasta pendingin di prosesor. Selain itu juga diperiksa kipas atau fan di laptop masih berfungsi atau tidak.

  1. Kegagalan perangkat keras

Penyebab laptop mati sendiri yang kedua adalah karena kegagalan perangkat keras. Sebenarnya penyebab ini jarang terdengar terutama untuk laptop yang telah diperbarui. Yang terjadi masalah pada laptop yang telah diperbarui apabila perangkat yang dipasang tidak kompatibel. Selain itu, tentunya karena perangkat keras sudah usang dan memang harus diganti. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ini adalah jika anda tidak biasa dengan perangkat komputer sebaiknya dibawa kepada ahlinya untuk memeriksa apa perangkat keras yang bermasalah dan harus diganti.

  1. Baterai

Penyebab laptop mati sendiri adalah batrai. Ini biasanya terjadi pada laptop yang sudah lama digunakan. Bisa juga karena pengisian daya yang berlebihan. Game juga dapat menyebabkan kerusakan baterai. Banyak game yang membutuhkan pengisi daya dengan voltase tinggi. Namun sebagai pengguna tidak mengetahui hal ini. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyebab yang satu ini adalah uji baterai terlebih dahulu jika laptop mati secara tiba-tiba. Apakah baterai masih berfungsi secara baik atau tidak. Jika tidak maka disarankan untuk membeli yang baru. Memang masih bisa digunakan dengan syarat harus selalu dicas. Tapi itu dapat kehilangan salah satu fungsi dari laptop itu sendiri dan menghindari hal buruk yang bisa terjadi.

  1. Bermasalahnya Sistem Operasi

Mungkin anda suka mengutak-atik sistem operasi atau driver pada laptop. Ini bisa menjadi salah satu penyebab laptop mati dengan sendirinya. Apalagi jika anda suka mengutak-atik BIOS. Kesalahan ini dapat membuat laptop mati sendiri. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melihat tampilan AMD atau AMD Catalyst Suite. Ini adalah dua driver yang sering mengalami masalah. Jika laptop dinyalakan kembali maka periksa apakah terdapat file dimp dibagian atas atau tidak. Jika ada, maka file-file akan menjadi petunjuk tentan apa yang diperlukan.

  1. Virus komputer

Adapun penyebab terakhir laptop bisa mati dengan sendirinya adalah virus komputer. Beberapa virus dapat mematikan laptop dengan sendirinya. Meskipun anda berusahan untuk menghidupkan kembali. Virus-virus bisa aktif karena aktivitas tertentu seperti mengunduh file atau membuka sebuah program. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini pastikan anda mempunyai anti virus yang dapat melawan virus yang masuk. Biasakan untuk melakukan scan virus secara rutin.

Kita dapat memahami dengan jelas seperti apa masalah yang terjadi dan cara mengatasi laptop yang mati sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika dirasa bermanfaat artikel akan lebih baik untuk disebarkan agar banyak orang tahu tentang ini. jika anda kebingunan cara memperbaiki laptop yang mati sendiri bisa mengunjungi Promedia Computer  yang terletak di Kota Pekanbaru, Riau. Teknisi Promedia Computer sangat ahli dibidangnya. Selain itu Promedia Computer juga menjual laptop dengan berbagi merk. Anda dapat menghubungi kami di nomor 0812 7003 1448 (marketing) dan 0852 6565 7794 (servis) atau mengunjungi Promedia CCTV di Jl. Tuanku Tambusai, No. 2-3 (Setelah SPBU Nangka) kota Pekanbaru. Anda juga dapat melihat dan membaca artikel penting terkait CCTV lainnya di website ini. Terima kasih.

Rp 7.490.000
sale
LAPTOP LENOVO LOQ i5 12450H|8GB SSD512GB|RTX3050|15,6″|W11+OHS

10%

Rp 12.499.000 13.899.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)

Toko Promedia Computer

Produk Terbaru

LAPTOP ASUS A416MAO N4020/8GB/SSD512/14″HD/W11+OHS KAMERA CCTV WIFI IMOU RANGER 4MP IPC-A42P-D CCTV IMOU BULLET 4MP POE IPC F42EA-P FREE MEMORI KAMERA CCTV IMOU CRUISER S21FTP 2MP 4G FREE MEMORI 32GB KAMERA CCTV IMOU CRUISER S41FEP 4MP FREE MEMORI 32GB CCTV IMOU RANGER S2 4MP IPC-A43EP FREE MEMORI CCTV IMOU BULB CAM 3MP IPC-S6DP FREE MEMORI 32GB CCTV IMOU CUE 2E IPC-C22SP FREE MEMORI 32GB

Pengiriman

Rekening Bank

220 065 4911 a/n Sucin
115 000 4252 104 a/n Sucin
0696 0100 7195 500 a/n Sucin