08:00 - 21:00 WIB (0761) 8411557 0812 7003 1448 promediacomputer.id@gmail.com 0852 8888 5223
(pcs)

Tips-Tips untuk Pemula saat Membeli Laptop Baru

Thursday, May 7th 2020.

Tips untuk Pemula saat Membeli Laptop Baru

Promedia Computer – Laptop merupakan alat yang sangat berguna di berbagai bidang. Hampir semua pekerjaan menggunakan perangkat yang satu ini. Memilih laptop tidak boleh sembarangan apalagi buat kamu yang tidak punya banyak uang. Karena tentu saja akan memakai laptop tersebut dalam waktu lama.

Melalui artikel ini, Promedia Computer akan menjabarkan tips yang bisa digunakan seseorang untuk membeli laptop baru terutama untuk pemula atau orang yang baru pertama kali. Tips-tips tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Processor

Prosesor sangat menentukan performa dari sebuah laptop. Banyak sekali jenis prosesor yang dijual di pasaran. Tetapi merk yang bisa diandalkan seperti Intel dan AMD. Jika kamu menggunakan laptop untuk bermain game maka bisa menggunakan Intel Core i7. Karena prosesnya tentu lebih cepat.

  1. Kapasitas RAM

RAM juga komponen yang sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop. Jika kamu menggunakan laptop untuk maka sebaiknya gunakan RAM yang besar. Jika hanya untuk hal-hal kecil maka RAM kecilpun sudah bisa.

  1. Jenis dan Ukuran Media Penyimpanan

Media penyimpanan pada laptop ada dua yaitu Harddisk dan SSD. Kedua media penyimpanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Harddisk adalah media penyimpanan yang sudah lebih dulu ada dibanding SSD. Media penyimpanan ini punya kapasitas besar dengan harga yang lebih murah. Sedangkan SSD merupakan media penyimpanan yang lebih mahal dan kapasitas yang tidak terlalu besar. Namun SSD jauh lebih cepat dalam pemrosesan dibanding Harddisk. Pemilihan media penyimpanan ini tergantung kebutuhanmu. Jika memerlukan untuk menyimpan data yang banyak maka lebih bagus untuk menggunakan harddisk. Tapi jika membutuhkan kecepatan terutama untuk desain dan game maka sebaiknya memilih media penyimpanan SSD.

  1. Kualitas Layar

Tidak semua laptop memiliki kualitas layar yang keren. Karena itu sebelum membeli laptop, kualitas layar juga penting untuk diperhatikan. Mulai dari jenis layar yang digunakan, resolusi dan sudut pandang penglihatan layar.

Jika kamu adalah seorang desain grafis maka sangat penting untuk memiliki panel display jenis IPS. Panel display jenis ini punya tinkat akurasi dan ketajaman warna yang begitu tinggi. Biasanya laptop mahal memiliki layar yang benar-benar berkualitas. Ukuran laptop juga begitu banyak. Pilihlah sesuai kebutuhan. Namun kebanyakan orang memilih layar berukuran 14 Inci.

  1. Konektivitas

Konektivitas yang lengkap adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Konektivitas ini seperti Wi-Fi, port USB dan port LAN serta HDMI/VGA. Jika memilih laptop usahakan yang punya tiga buah port USB dan port USB tersebut adalah 3.0.

Namun perkembangan zaman menghasilkan beberapa konektivitas ini yang semulanya begitu penting itu menghilang. Hal ini dikarenakan laptop menjadi semakin tipis. Ada juga produsen yang memproduksi laptop ultrabook yang tipis dan port yang sedikit. Sebagai gantinya dilengkapi dengan USB Type-C yang mendukung arus pertukaran data hingga 40 Gbps jika mendukung Thunderbolt 3. Kamu bisa menggunakan dongle untuk ekstensi port yang mulai langka.

  1. Ukuran Laptop

Ukuran laptop haruslah hal yang menjadi perhatian saat membeli. Apabil yang menjadi patokan adalah portabilitas tinggi maka sebaiknya memilih laptop yang ukurannya kecil. Hal ini akan memudahkan untuk berpindah sebab dimensi yang kecil. Biasanya laptop ini memiliki ukuran 12,5 hingga 13,3 Inci dengan bobot 1 hingga 1.5 kg. Namun spesifikasi tinggi adalah yang di prioritaskan maka laptop ukuran kecil bukanlah yang direkomendasikan. Karena laptop dengan spesifikasi tinggi membutuhkan bodi yang besar dan tebal. Ukuran dari laptop ini biasanya adalah 14 hingga 17,3 Inci dengan bobot mencapai 2 kg.

  1. Desain laptop

Inovasi yang terjadi pada laptop tidak hanya tentang spesifikasi seperti media penyimpanan. Ini juga berlaku pada desain laptop. Desain semakin hari semakin berkembang dan semakin bagus tentunya. Jika dulu laptop cenderung berukuran tebal, namun sekarang sudah banyak laptop yang berukuran tipis bahkan super tipis. Jika dulu layar dan keyboard melekat di laptop namun sekrang sudah keyboard model 2-in-1. Model ini memungkinkan layar dan keyboard bisa dilepas pasang dan dilipat hingga 360 derajat. Desain futuristik membuat enak dilihat tetapi juga penting untuk memperhatikan ketahanannya. Terutama di bagian engsel karena bagian ini adalah salah yang cepat mengalami kerusakan.

  1. Keyboard

Setiap keyboard memiliki desain yang berbeda-beda. Namun yang perlu diperhatikan adalah jarak antar tombol, permukaan tombol dan responsivitas saat menekan tombol keyboard. Carilah desain keyboard yang membuatmu nyaman dalam menggunakannya dan jangan lupa untuk memastikan semua tombol keyboard dapat berfungsi dengan baik.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika dirasa bermanfaat artikel akan lebih baik untuk disebarkan agar banyak orang tahu tentang ini. Jika anda mencari laptop yang berkualitas dengan harga terjangkau maka silahkan berkunjung ke Promedia Computer yang terletak di Jl. Tuanku Tambusai, No. 2-3 (Setelah SPBU Nangka) Kota Pekanbaru, RiauPromedia Computer juga menjual laptop dengan berbagai merk. Promedia Computer sudah dikenal baik dan terpercaya. Anda dapat menghubungi kami di nomor 0812 7003 1448 (marketing) dan 0852 6565 7794 (servis). Anda juga dapat melihat dan membaca artikel penting terkait CCTV lainnya di website ini. Terima kasih.

Rp (Hubungi CS)
Rp 700.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
sale
LAPTOP HP DQ5115TU I3-1215U|4GB 512GB SSD|14″|W11+OHS

9%

Rp 6.349.000 6.949.000
Rp (Hubungi CS)

Toko Promedia Computer

Produk Terbaru

LAPTOP ASUS A416MAO N4020/8GB/SSD512/14″HD/W11+OHS KAMERA CCTV WIFI IMOU RANGER 4MP IPC-A42P-D CCTV IMOU BULLET 4MP POE IPC F42EA-P FREE MEMORI KAMERA CCTV IMOU CRUISER S21FTP 2MP 4G FREE MEMORI 32GB KAMERA CCTV IMOU CRUISER S41FEP 4MP FREE MEMORI 32GB CCTV IMOU RANGER S2 4MP IPC-A43EP FREE MEMORI CCTV IMOU BULB CAM 3MP IPC-S6DP FREE MEMORI 32GB CCTV IMOU CUE 2E IPC-C22SP FREE MEMORI 32GB

Pengiriman

Rekening Bank

220 065 4911 a/n Sucin
115 000 4252 104 a/n Sucin
0696 0100 7195 500 a/n Sucin